Pages

Rabu, 24 September 2014

Membuat Project Baru Android di Eclipse




tutorial cara membuat project android baru di eclipse. Android telah berkembang menjadi sistem operasi mobile yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Hal ini membuat kesempatan yang besar bagi para pengembang untuk membuat aplikasi terhadap pengguna android saat ini. Bagi Anda yang kini baru memulai pengembangan aplikasi dengan Android jangan khawatir untuk merasa tertinggal. Karena Anda dapat memulainya dari saat ini. Tutorial pertama androidev dari ieuwelah ini akan membahas tutorial dasar mengenai pembuatan project baru android menggunakan eclipse. Pastikan Anda telah menginstall Eclipse beserta kebutuhan pengembangan Android lainnya. Berikut cara membuat project baru android di eclipse :

Langkah 1
Buka Eclipse, disini saya menggunakan Eclipse Galileo.

Langkah 2
Klik File > New > Android Project


Gambar 1. Membuat Project Baru Android di Eclipse
Langkah 3
Tentukan Project name yang merupakan nama project Android yang akan dibuat. Location tempat dimana project disimpan. Build Target merupakan target minimum versi android pada aplikasi Anda.. Pada Properties isikan application name menjadi nama aplikasi Anda. Package name isi dengan kata yang unik tanpa spasi (menggunakan titik), dan Create Activity isikan dengan nama Activity yang akan dibuat pada Project. Activity ini bisa diartikan seperti nama halaman awal project.


Gambar 2. Pengaturan Project Baru Android
Langkah 4
Setelah Project Anda berhasil dibuat, saya akan menjelaskan beberapa komponen yang terdapat pada Android Project ini. 


Gambar 3. Struktur File Project Android
- MainActivity.Java
File ini merupakan file java yang berisi intruksi-instruksi program yang Anda buat. Disinilah tempat Anda mengetikan kode-kode program, event, dan aksi dari aplikasi Anda.

-Drawable
Folder ini merupakan tempat untuk menyimpan file-file gambar yang digunakan sebagai asset dari aplikasi Anda. Terdapat 3 Folder Drawable, namun yang sering digunakan adalah Drawable-hdpi. Untuk menambahkan gambar, anda tinggal copy dan paste gambar pada folder berikut.

-Layout > main.xml
Layout merupakan folder tempat menyimpan desain tampilan aplikasi. Tampilan dibentuk dengan kode-kode xml. Jika Anda akan membuat layout baru maka di Folder inilah layout tersebut tersimpan.

-Values > string.xml
String.xml merupakan tempat untuk menyimpan nilai string yang hendak ditampilkan pada aplikasi Android. Isi dari file string ini dapat berupa beberapa komponen yang dapat dipanggil beberapa kali oleh Layout.

Langkah 5
Running Aplikasi, coba jalankan aplikasi dengan menggunakan Emulator. Klik menu Run > Run As > Android Application.

Gambar 4. Running Aplikasi Android
Berikut ini adalah tampilan emulator project yang dibuat.

Gambar 5. Running di Emulator Android
Nah itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pembuatan project baru Android beserta penjelasannya. Masih bingung ? silahkan ajukan pertanyaan di form komentar. Tetap semangat untuk terus belajar dan berkarnya.
Terimakasih, semoga bermanfaat :)


Sumber :
http://www.ieuwelah.com/2014/04/membuat-project-baru-android-di-eclipse.html

0 komentar:

Posting Komentar